September 19, 2024 - BY Admin

Cerita P.E.C.I. Kesan Solo Trip Cikarang - Jogja bersama si Exo

Mumpung lagi long weekend plus istri dapet cuti 2 hari dari kantor akhirnya kita putusin buat solo trip pake si Exo dari Cikarang - Jogja, sekalian nanti mampir ketempat kk di purworejo.


Berangkat jumat malem sekitar jam 20:30

Isi BBM Full Tank di Jalan Baru karawang karna mau lgsg ambil tol Karawang Timur, isi full pertalite 420.000 karna masih ada isi sebagian di tangki.




Langsung reset odometer Trip A dan reset km/l

Formasi di dalem mobil ane, istri, anak, bokap & nyokap dan ponakan 2 orang jadi total di dalem mobil 4 dewasa + 3 anak beserta bawaan barang buat liburan 4 harian.


Dari awal berangkat ane udah bilang ke istri mau masuk tol karawang timur nanti keluar di tol bawen, langsung turun mengarah selatan menuju Secang, Magelang, Bener dan tujuan akhir purworejo. Kalau liat di maps total jarak sekitar 534KM dan biaya toll sekitar 449.000.


Dari berangkat ane yg bawa mobil, di temenin bapak di jok depan. Istri, anak & nyokap di bangku tengah. Trus 2 ponakan di bangku belakang dan barang bawaan di bagasi. Tadinya ane mau Patas langsung tapi apa boleh buat setelah rest area 282A Tol Kanci, mata udah mulai gak bisa diajak kompromi. Akhirnya istri lgsg ambil alih kursi pengemudi. Dan gak lama ane lgsg tepar.


Ane kebangun sekitar jam 3:30 pagi pas istri bilang kartu flash buat bayar tol kurang, ane masih setengah sadar isi flash tanpa tau itu ternyata dia keluar di tol waleri, kendal. Bukan keluar tol bawen.




Akhirnya ane ambil alih lagi, istri lgsg tepar samping ane. setelah buka maps, ane di arahin lewat sukorejo, wonosobo, ranousari, secang, purworejo. Pengalaman lewar jalur ini lumayan extreme, jalurnya kecil, banyak kelokan patah, naik turun jalurnya terjal, dan penerangannya minim.

 

Jalannya lumayan alus, tapi karna jalurnya kecil dan kelokannya patah jadi gak bisa bawa mobil kenceng, agak bete awalnya lewat sini dan akhirnya mampir ke mesjid sebentar buat solat subuh di area wonosobo, abis solat subuh sengaja buka kaca dan matiin ac karna ngerasa pas wudhu airnya dingin di area wonosobo. 




Pas sunrise mulai muncul, and here is miracle happened, ternyata sunrise diantara gunung sumbing dan gunung sundoro itu indah banget, ditambah angin dari jendela sejuk banget. Kondisi penumpang dalem mobil udah pada bangun semua dan jadi makin takjub sama pemandangannya. Jalur wonosobo - purworejo juga bisa dibilang grade A, alus banget aspalnya. Dan kelokannya udah lumayan landai. Jadi anak2 udah bisa nikmatin perjalanan lagi.


Akhirnya sekitar jam 07:30 pagi udah masuk kota purworejo & sampai rumah kakak untuk transit sebelum besoknya lanjut ke jogja.




Konklusi :


Waktu tempuh

Berangkat 20:30 sampe jam 07:30 = 11 jam dipotong istirahat di rest area sekitar 1:30menit

Macet pekerjaan jalan di tol cipali hampir sekitar 1 jam


Jarak tempuh

Titik nol (reset Trip odometer) di pom bensin jalan baru karawang sampe ke tujuan purworejo kota 448Km


Gaya berkendara 

Normal aja, kadang bejek gas, kadang kaki sekola. Ac Nyala tapi kadang dimatiin juga, blower di level 1, temperature selalu di tengah (kalo di fullin pada kedinginan)


Konsumsi bahan bakar

Isi full di karawang + reset trip odometer sampai purworejo kota = 448km

Isi full lagi di purworejo kota 350.000 = 35Liter

Liter per Kilometer = 448Km/35liter = 1liter / 12.8 Km

Ane coba cocokin sama yg di indikator juga bener dapetnya sekitar 12.8 kilo perliter atau 7.8L / 100Km




Kesan & pesan

Jujur nyaman2 aja sih pake mobil ini untuk jarak jauh, mengingat tingkat kenyamanan orang beda2, tapi untuk harga yg bisa dibilang dibawah mobil jepang vs kapasitas penumpang bisa dengan nyaman 7penumpang vs fitur yg melimpah (cruise control selalu ane aktifin) vs konsumsi bbm yg masih wajar, ane bisa bilang ini mobil sangat sangat VALUE for MONEY. Bahkan sampe istri ane bilang mobil ini cuma salah merek hahah.


Itu dulu review solo trip kali ini om om, jangan lupa kalo ketemu dijalan kasih klakson dan selamat menikmati kopi pagi ini ☕️



13-17 September 2024


---

Credit to Tri_#1261

from grup Proton Exora Community Indonesia (P.E.C.I.)